Ketika bicara soal kesuburan pria, semakin tinggi jumlah sperma maka semakin besar kemungkinan Anda untuk membuahi sel telur. Lantas, bagaimana cara meningkatkan sperma?

Jika Anda memiliki jumlah sperma lebih rendah, maka penting untuk meningkatkan jumlah tersebut. Beruntung, ada beberapa cara untuk Anda dapat meningkatkan jumlah sperma yang diproduksi tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga mengubah jenis pakaian dalam yang Anda kenakan. Berikut, seperti diulas Ehow.

Ganti celana dalam yang ketat
Ganti celana dalam atau boxer ketat yang selama ini kerap Anda pakai dengan boxer yang lebih longgar. Atau kalau mau, tak usah mengenakan pakaian dalam. Menurut Baby Center, suhu tubuh rata-rata yang agak tinggi membuat sperma tak mampu bertahan. Karenanya, mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat, menyebabkan jumlah sperma Anda bisa lebih rendah.

Olahraga untuk menurunkan berat badan
Menurut AyurHelp.com, orang yang gemuk biasanya memiliki jumlah sperma lebih rendah dibandingkan pria dengan berat tubuh normal.

Hindari menggunakan narkoba dan alkohol
Menurut AyurHelp.com, narkoba dan alkohol adalah semua produk yang dapat membunuh hingga 50 persen dari jumlah sperma Anda saat ini.

Mandi dan berendam air dingin
Mandi ataupun berendam air panas dapat menurunkan jumlah sperma yang diproduksi tubuh Anda. Menurut Baby Center, suhu air panas yang berada di atas suhu rata-rata tubuh Anda, adalah terlalu panas bagi sperma untuk bertahan hidup. Dan, air yang terlalu panas benar-benar dapat membunuh dan menurunkan jumlah sperma Anda.

Berjalan kaki dan naik mobil
Berjalan lebih baik daripada naik sepeda dan mengendarai mobil lebih baik daripada menggunakan sepeda motor. Guncangan konstan dari sepeda dapat menyebabkan trauma ke testis dan membunuh sperma Anda.

Kurangi hubungan intim dan masturbasi
Pria seringkali mengeluh karena air mani atau sperma yang keluar ternyata sedikit dan encer. Perlu diketahui, semakin banyak ejakulasi, maka akan semakin berkurang kekentalan sperma tersebut. Jika Anda melakukan hubungan intim setiap hari atau sering masturbasi, maka hal itu akan berpengaruh pada jumlah sperma maupun kekentalan air mani.

Konsumsi suplemen alami
Suplemen alami diyakini dapat meningkatkan produksi sperma. Contohnya yaitu L-carnitine, yang ditemukan dalam daging merah dan susu, merupakan asam amino alami yang dapat meningkatkan produksi dan kecepatan sperma. Selain itu, asam folat yang dikombinasikan dengan seng dapat meningkatkan produksi sperma. Senyawa L-arginine yang terdapat dalam kacang-kacangan, telur, dan daging juga memiliki khasiat yang sama seperti vitamin E dan selenium untuk memperbaiki kecepatan maupun konsentrasi sperma.

sumber : http://ziunik.blogspot.com/2010/08/5-cara-tingkatkan-produksi-sperma.html



Related Posts with Thumbnails