Salah satu topik berita yang jadi hot saat pelaksanaan Sensus Penduduk di bulan Mei lalu adalah ditemukannya orang-orang yang berusia di atas 100 tahun. Tak heran bula Anda jadi ingin tahu apa rahasianya. Sebenarnya, sih, tidak susah untuk bisa panjang umur dan tetap sehat. Pastikan Anda punya beberapa hal berikut:
Panjang umur banyak menjadi harapan sebagian besar orang

1. Berperut Rata
Riset National Institute on Aging menyatakan, wanita berperut buncit berisiko meninggal dunia lebih cepat dibandingkan yang berperut rata. Ukuran lingkar pinggang yang perlu dipertahankan adalah di bawah 80 cm. Rajin-rajinlah berolahraga dan santap makanan mengandung Omega 3, agar terhindar dari berbagai risiko peradangan akibat radikal bebas.
Perut rata lebih baik dari yang buncit
Perut rata lebih baik dari yang buncit

2. Jauhi Minuman Bersoda
Menurut penelitian di Boston, Amerika Serikat, minuman bersoda bisa menyebabkan gangguan metabolisme. Sementara, bila metabolisme terganggu, otomatis tingkat kesehatan kita juga tidak prima. Padahal, inilah modal penting yang perlu kita punya bila ingin hidup panjang.
Minuman soda tidak begitu baik bagi kesehatan
Minuman soda tidak begitu baik bagi kesehatan

3. Miliki Sahabat Baik
Kita membutuhkan orang lain untuk bisa sehat dan bahagia. “Hubungan antar individu yang baik adalah obat penangkal stres yang ampuh,” jelas Micah Sadigh, Ph.D., profesor psikologi Cedar Crest College. Mental dan fisik akan lebih sehat kalau kita punya teman yang selalu mendukung.
Sahabat tempat mencurahkan perasaan dan berbagi
Sahabat tempat mencurahkan perasaan dan berbagi

4. Berpendidikan Tinggi
Penelitian Harvard Medical School menemukan, orang yang menempuh pendidikan tidak kurang dari 12 tahun punya harapan hidup 18 bulan lebih panjang. Selain itu, hanya 10 persen dari orang yang berpendidikan tinggi yang jadi pencandu rokok. Para ahli percaya, pendidikan membutuhkan kesadaran untuk menjaga diri dan lingkungannya.
Mimiliki pendidikan lebih tinggi lebih berpotensi untuk usia lebih panjang
Mimiliki pendidikan lebih tinggi lebih berpotensi untuk usia lebih panjang
 
sumber: http://ruanghati.com/2010/07/04/mau-awet-mudah-perhatikan-4-hal-berikut-penting-diketahui/



Related Posts with Thumbnails